Kamis, 02 Mei 2013

Sifat – Sifat Benda,Padat, Cair, dan Gas kelas 3 semester 1

Ø  Standar Kompetensi
Benda dan sifatnya
3. Memahami sifat – sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari – hari.

Ø  Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi sifat – sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas.
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda ) ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamatai akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastic, kayu, kaca, dan kertas.

Ø   Indikator
3.1
·         Dapat menyebutkan sifat- sifat benda padat.
·         Dapat menyebutkan sifat- sifat benda cair.
·         Dapat menyebutkan sifat- sifat benda gas.

A.          Sifat – sifat benda padat, cair, dan gas.
Contoh dari benda padat adalah meja dan jam dinding. Sedangkan contoh dari benda cair adalah air jeruk dan susu. Dan ban sepeda, balon merupakan benda yang dapat diisi dengan gas.
Setiap benda memiliki sifat yang khas. Sifat khas benda daapat dibedakan berdasarkan wujud, bentuk, warna dan bau. Berdasrkan wjudnya benda dikelompokkan menjadi padat, cair, dan gas.

B.     Perubahan  sifat benda
1.      Perubahan sifat benda karena pembakaran.
Bensin merupakan benda cair. Jika bensin dibakar akan berubah menjadi gas. Benda yang dibakar umumnya menimbulkan nyala api dan panas.
2.      Perubahan sifat benda karena pemanasan
Pada umumnya benda cair seperti air dan alcohol akan menguap dan berubah menjadi gas jika dipanaskan.Benda padat lain seperti kaca, plastic dan lilin jika dipanaskan akan meleleh. Sifat ini dimanfaatkan oleh para pengrajin untuk mengubah bentuk plastic, kaca, dan logam menjadi bentuk yang diinginkan.
3.      Perubahan sifat benda karena dibiarkan di tempat terbuka.
Benda padat pada umumnya tidak berubah jika dibiarkan ditempat terbuka. Namun, beberapa benda padat, seperti kapur barus, dapat menguap ditempat terbuka. Perubahan benda padat pada gas disebut menyublim.
C.    Benda dan kegunaannya
Dalam kehidupan sehari-hari,kamu selalau menggunakan benda-benda untuk kebutuhanmu. Benda tersebut terbuat dari bahan yang bermacam-macam. Bahan tersebut termasuk plastic, kaca, kertas dan kayu.
Bahan plastic sifat diantaranya elastis, ringan dan tidak tembus air. Contohnya isolasi dan pelapis magic jar. Kertas sifatnya ringan, mudah sobek, dan mudah terbakar. Contohnya Uang kertas.
Bahan kaca memiliki sifat antara lain keras, bening dan mudah pecah contoh benda yang terbuat dari kaca adalah cermin, bohlam, dan mangkuk. Sedangkan bahan kayu memiliki sifat keras, mudah terbakar dan mudah dibentuk. Contoh benda yang terbuat dari kayu dadalah meja dan kursi.


1 komentar:

  1. bagus bangeeet ilmunya,dan mudah untuk difahami anak anak sekolah

    BalasHapus