Ø Standar Kompetensi :
Makhluk hidup dan proses kehidupan.
1.Memahami ciri- ciri dan kubutuhan makhluk hidup serta hal – hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
Ø Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
1.3 Mendeskripsikan
perubahan yang terjadai pada makhluk hidup dan hal – hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak ( makanan, kesehatan,
rekreasi, istirahat, dan olah raga)
Ø Indikator
1.1
· Dapat mengidentifikasi ciri- ciri makhluk hidup.
· Dapat menyebutkan ciri- ciri makhluk hidup.
·
Dapat mengidentifikasi kebutuhan makhluk hidup.
· Dapat menyebutkan kebutuhan makhluk hidup.
1.2
· Dapat mengklasifikasikan makhluk hidup.
· Dapat menyebutkan macam-macam klasifikasi makhluk hidup dapat menyebutkan macam-macam klasifikasi makhluk hidup.
1.3
· Dapat menyebutkan hal- hal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan makhluk hidup.
· Dapat menjelaskan perubahan yang terjadi tehadap pertumbuhan makhluk hidup.
· Dapat menyebutkan hal- hal yang mempengaruhi perkembangan pada anak.
Materi Bab 1 : Makhluk Hidup
A. Ciri – ciri makhluk hidup.
1. Memerlukan makanan untuk hidup.
Makanan
manusia berasal dari hewan tumbuhan. Sedangkan hewan makanannya berasal
dari tumbuhan dan hewan lainnya, dan tumbuhan juga membutuhkan makanan
akan tetapi tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri di dalam daun.
2. Makhluk hidup bernapas.
Bernapas
adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida.Oksigen
diperlukan tubuh dalam proses pembakaran zat makanan. Pembakaran zat
makanan menghasilkan energi (tenaga). Energy digunakan untuk melakukan
berbagai kegiatan.
Contohnya kegiatan bermain bola.
3. Makhluk hidup dapat bergerak.
Kucing termasuk makhluk hidup. Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak.
kucing bergerak dengan berjalan, berlari, dan melompat.
Seperti
manusia dan hewan, tumbuhan juga bergerak. Akan tetapi, gerakan
tumbuhan tidak seperti manusia dan hewan. Ada tumbuhan yang bergerak
mengarah ke sumber cahaya. Contohnya Daun ptri malu jika disentuh agan
menunduk.
4.Makhluk hidup tumbuh
Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Hewan dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan.
Contonya : Kacang merah tumbuh menjadi tumbuhan kacang merah.
Pertumbuhan berarti bertambah berat, bertambah tinggi, bertambah banyak, dan
bertambah besar.
5.Makhluk hidup berkembang biak.
Berkembang
biak artinya memiliki keturunan. Makhluk hidup berkembang biak dengan
cara yang berbeda-beda. Ada yang bertelur, beranak,berbiji, dan
bertunas.
Contohnya : (a) Jahe berkembang biak dengan cara bertunas. (b) Burung berkembang biak dengan cara bertelur.
6.Makhluk hidup menerima dan menanggapi rangsangan.
Rasa kaget merupa kan bukti bahwa makhluk hidup tanggap terhadap rangsangan.
Hewan dan tumbuhan juga menerima dan menanggapi rangsangan seperti manusia.
B. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri – cirinya.
Para
ilmuwan mengelompokkan hewan dan tumbuhan berdasarkan persamaan
ciri-ciri yang dimilikinya. Pengelompokan tersebut memudahkan
mempelajari hewan dan tumbuhan.
1. Pengelompokkan hewan
a.Pengelompokan Hewan Berdasarkan
Tempat Hidupnya
Berdasarkan tempat hidupnya, hewan di kelompokkan menjadi tiga kelompok.
Ada
hewan yang hidup di darat. Contohnya ayam, sapi, dan domba. Ada hewan
yang hidup di air. Contohnya ikan, cumi-cumi, dan kerang. Ada juga hewan
yang hidup di darat dan di air. Contohnya katak.
b. Pengelompokan Hewan Berdasarkan
Jumlah Kakinya
Hewan-hewan dapat dikelompokkan berdasarkan jumlah kakinya. Burung dan ayam
merupakan contoh hewan berkaki dua. Kucing, kambing, sapi, dan harimau merupakan contoh hewan berkaki empat.
c. Pengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
Hewan
dapat dikelompokkan berdasarkan jenis makanannya. Ada hewan yang
memakan tumbuhan, seperti sapi dan kelinci. Ada juga hewan yang memakan
hewan lainnya, Seperti kucing dan harimau.
d. Pengelompokkan hewan berdasarkan cara geraknya.
Burung merpati, lebah, dan kupu-kupu bergerak dengan cara terbang dan berjalan. Sedangkan sapi, kambing, kucing, dan harimau bergerak dengan cara berjalan dan berlari.
e. Pengelompokkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya.
Hewan-hewan mempunyai penutup tubuh yang berbeda-beda, seperti rambut, bulu, sisik, dan cangkang. Penutup
tubuh hewan berguna untuk melindungi tubuhnya agar tidak terluka.
Berguna juga menjaga agar tubuhnya tetap hangat. Penutup tubuh hewan
menyesuaikan dengan lingkungan hidupnya.
2. Pengelompokkan tumbuhan
a. Pengelompokan tumbuhan berdasarkan
tempat hidupnya
Berdasarkan
tempat hidupnya, tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan yang hidup di
darat dan tumbuhan yang hidup di air. Eceng gondok dan bunga teratai
merupakan contoh tumbuhan yang hidup di air. Sedangkan pohon rambutan
pohon mangga, dan pohon pisang merupakan contoh tumbuhan yang hidup di
darat.
b. Pengelompokkan tumbuhan berdasarkan bentuk daun.
Setiap
tumbuhan mempunyai bentuk ukuran, dan warna daun yang berbeda.Contohnya
; Daun ketela permukaannya halus danbentuknya seperti jari. Daun
rambutan bentuknya ramping dan agak memanjang. Daun teratai berukuran
besar dan bundar serta tepi daunnya bergerigi.
c. Pengelompokkan tumbuhan berdasarkan jenis batangnya.
Pohon pisang memiliki batang tidak berkayu. Biasanya batang tidak
berkayu bersifat lunak, mengandung air, dan memiliki rongga. Contoh
tumbuhan yang memiliki batang berkayu adalah pohon mangga. Batang
berkayu bersifat keras dan biasanya berwarna cokelat serta berukuran
besar.
C. Kebutuhan makhluk hidup.
Makanan
dan minuman merupakan sumber energi bagi manusia. Energi ini berasal
dari hasil pembakaran makanan dan minuman di dalam tubuhmu. Dengan
energi kamu dapat melakukan kegiatan.
Tumbuhan
pada musim kemarau banyak yang mati kekeringan karena tidak ada
air.Tumbuhan akan subur jika tidak kekurangan air.Tumbuhan bernapas
menghirup oksigen.Hewan makan dan minum untuk bertahan hidup. Hewan juga
bernapas seperti manusia.
Hewan
memerlukan tempat tinggal untuk melindungi diri dari cuaca, seperti
hujan dan teriknya sinar matahari, serta ancaman hewan lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar